Seiring zaman dengan era teknologi yang terus berkembang, smartphone tak lagi menjadi kebutuhan sekunder ataupun barang yang mewah melainkan salah satu kebutuhan utama untuk menunjang berbagai aktivitas dan komunikasi sehari-hari khususnya hp Android. Apabila kita perhatikan di lingkungan sekitar, seringkali kita melihat banyak orang yang tak pernah ketinggalan melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone mereka dan tak jarang pula mereka tidak melepaskan pandangannya dari gadget tersebut.

Ditengah tingginya kebutuhan akan sebuah smartphone, banyak vendor yang berlomba-lomba menghadirkan produk mereka dengan berbagai kelebihan serta fitur untuk dapat menarik minat para pecinta gadget. Akan tetapi, terkadang ada beberapa smartphone dari sebuah brand ternama yang seringkali membuat penggunanya kecewa karena perangkat yang digunakan rentan mengalami kerusakan atau ada cacat ketika pemakaian.

Tentunya kalian tidak ingin menyesal ketika telah membeli sebuah smartphone tetapi malah merasakan kekecewaan yang sama. Untuk mengetahui lebih jelas merk smartphone yang bermasalah, silahkan sobat Hapebaru simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Inilah Daftar 4 Merk Smartphone Android Yang Sering Mengalami Masalah

Daftar-4-Merk-HP-Sering-Bermasalah
Daftar 4 Merk HP Sering Bermasalah

1. ASUS

Memang tak dapat dipungkiri bahwa di awal gencar-gencarnya ASUS merambah ke dunia smartphone yang dibekali dengan prosesor buatan Intel. Walaupun brand asal Taiwan ini memiliki nama yang cukup dipercaya di pasar laptop dan perangkat keras (hardware) pendukung untuk pc, namun untuk perangkat ponsel cerdas buatan mereka seringkali mendapati keluhan dari sebagian penggunanya. Salah satunya yakni hp ASUS cenderung cepat panas (overheat) ketika dioperasikan, khususnya saat bermain game Android yang berat.

Saat ini kita dapat melihat vendor yang satu ini sudah mulai berbenah dengan menghadirkan smarphone dengan kualitas lebih baik dan juga prosesor yang lebih ramah pengguna. Ditambah lagi, dengan basis pasar yang cukup besar dengan bermodalkan nama brand mereka, smartphone milik ASUS masih cukup mendominasi segmen menengah ke bawah dan bersaing melawan Xiaomi serta Lenovo.

2. Xiaomi

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Blancco Technology Group, hasilnya menunjukkan bahwa 11 persen dari orang yang mengikuti survey tersebut mengeluhkan smartphone buatan Xiaomi. Dari segi harga,Xiaomi memang lebih unggul dalam menghadirkan berbagai perangkat dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang cukup menjanjikan khususnya untuk smartphone kelas menengah mereka.

Akan tetapi, untuk smartphone mereka yang ditujukan untuk segmen low-end seringkali build quality menjadi salah satu yang dikeluhkan oleh sebagian penggunanya. Selain itu user interface untuk Android andalan mereka, MIUI tidak merata pengimplementasiannya apalagi dengan maraknya produk palsu dari brand ternama Tiongkok ini.

Meskipun antarmuka MIUI menjadi salah satu keunggulan dari smartphone besutan Xiaomi, akan tetapi seringkali banyak pengguna yang mengalami masalah kesulitan mendapatkan akses jaringan 4G LTE ketika vendor tersebut merilis official global update untuk user interface andalan mereka tersebut. Terkadang mau tidak mau penggunanya harus mengunduh dan menginstal firmware yang cocok terlebih dhaulu agar dapat kembali mengakses jaringan 4G LTE di smartphone mereka.

3. Lenovo

Apabila melihat dari segi penampilan, hp buatan Lenovo terlihat memiliki desain yang lebih menarik dibandingkan smartphone Android lainnya. Akan tetapi siapa sangka dibalik desainnya yang menawan perangkat milik Lenovo mendapatkan keluhan dari peserta survey yang dilangsungkan oleh Blancco Technology Group sebanyak 21 persen.

Perlu sobat Hapebaru ketahui bahwa market share dari smartphone milik Lenovo tidaklah mencapai 5% atau bahkan lebih rendah dibandingkan ponsel buatan vendor asal Tiongkok lainnya. Sehingga, perangkat-perangkat yang mereka rilis kepasaran bisa dikatakan tidaklah begitu unggul di pasar smartphone beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Ditambah lagi beredar kabar tentang kurang ketatnya pengawasan selama proses produksinya yang membuat smartphone keluaran Lenovo seringkali mengalami masalah. Dan masalah yang seringkali terjadi dan dialami oleh sebagian penggunanya yaitu seringnya terjadi kendala pada antarmuka Vibe UI, build quality produk yang kurang terjaga, hingga performa smartphone yang terkadang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya.

4. Samsung

Mendominasi pangsa pasar dari segmen menengah hingga high-end secara global yang mencapai 22,5 persen dan memiliki nama brand yang cukup kuat dimata penggemarnya, bukan berarti produk buatan Samsung jarang mengalami masalah. Berdasarkan survey yang dilakukan untuk mengetaui merk ponsel yang sering dikeluhkan oleh penggunanya, Samsung justru memperoleh keluhan sebanyak 27 persen keseluruhan dari peserta survey yang diselenggarakan Blancco Technology Group.

Salah satu yang cukup membekas bagi sebagian besar pengguna perangkat Smasung diseluruh di dunia dan memberikan kerugian yang cukup besar terhadap vendor asal Korea Selatan tersebut adalah kasus meledaknya seri Galaxy Note 7 yang mengharuskan mereka menarik peredarannya dari pasaran. Selain ponsel flagship tersebut, beberapa seri Samsung Galaxy yang ditujukan untuk segmen entry level ataupun produk keluaran lamanya seringkali dikeluhkan mengenai harganya yang cenderung dibanderol cukup tinggi namun spesifikasi yang dibekali pada perangkat tersebut cenderung cukup rendah dan mengecewakan penggunanya karena sering lemot.

Nah, itulah tadi 4 vendor smartphone yang sering mengalami masalah berdasarkan hasil survey dari Blancco Technology Group. Meskipun demikian, hasil survey diatas bukan berarti menjadi tolak ukur mutlak dalam menentukan smartphone pilihan kalian. Sebab, selain faktor yang disebutkan pada ulasan di atas, ada pula faktor lain yang membuat sebuah smartphone mudah rusak atau mengalami masalah. Contohnya mulai dari cara penggunaan yang berlebihan atau kurang terawat dan ceroboh, serta seringnya melakukan pengisian ulang sambil menjalankan berbagai aplikasi berat atau multitasking bermain game dan semacamnya. Menurut kalian, merk manakah yang memiliki kualitas produk lebih bagus dan awet?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!