Tak dapat dipungkiri bahwa hp Android menjadi salah satu bagian hidup yang penting bagi banyak orang di zaman modern teknologi saat ini. Berbagai aktivitas yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui komputer atau laptop seperti chatting, main game, nonton video, kiti sudah dapat dilakukan melalui smartphone. Bahkan kita tak perlu lagi menggunakan kamera DSLR untuk mengabadikan moment dalam bentuk foto yang berkualitas tinggi. Dengan ponsel canggih tersebut kita pun dapat berbelanja online kapan saja dan dimana saja.

Dengan banyaknya varian yang tersedia saat ini dan harganya yang tergolong terjangkau, membuat banyak orang dengan mudah mendapatkan smartphone yang mereka inginkan. Akan tetapi bagi sebagian yang kurang memahami tentang seluk beluk fungsi dari beragam fitur yang dimiliki oleh perangkat canggih tersebut, terkadang malah membuatanya jadi rusak atau bermasalah. Pada kesempatan kali ini, blog HapeBaru ini memberikan tips android kepada sobat tentang daftar hal terlarang apa saja yang tidak boleh kalian lakukan ketika menggunakan hp Android. Penasarankan apa saja sih hal-hal terlarang itu?

Daftar Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan HP Android

Meskipun memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan dalam membantu berbagai pekerjaan penggunanya sehari-hari, namun siapa sangka bahwa hp Android ternyta memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak cepat rusak dan bisa tahan lama. Silahkan kalian simak daftar hal yang dilarang untuk dilakukan ketika menggunakan hp Android yang berikut ini.

1. Melakukan Charge HP Melalui Colokan USB di Komputer

Hal pertama yang sangat tidak dianjurkan atau bahkan sebaiknya jangan kalian lakukan terhadap hp Android yang kalian miliki yaitu mengisi baterai dengan mencolokkan kabel USB ke Komputer ataupun Laptop. Sebab, selain beresiko memperpendek umur baterai smartphone maupun juga baterai laptop dan bahkan beresiko mengalami kerusakan karena tegangan yang tidak sesuai standar, resiko kecurian data-data penting yang kalian miliki di dalam hp Android kalian juga sangatlah besar.

Pantangan-Untuk-Pengguna-Android
Pantangan Untuk Pengguna Android

2. Menginstal Aplikasi di HP Android Secara Sembarangan

Pengguna HP Android memang sangatlah dimanjakan oleh adanya Google Play Store yang menyediakan beragam aplikasi dan game untuk diinstal bahkan juga ada software menarik yang tidak termasuk di dalam toko aplikasi milik Google tersebut. Namun perlu sobat ketahui bahwa aplikasi yang ada di Play Store tidaklah semuanya aman.

Seringkali terdapat beberapa aplikasi yang sengaja diselipkan virus atau malware di dalamnya untuk mencuri berbagai data atau merusak perangkat milik pengguna hp Android yang merusaknya. Terlebih lagi aplikasi yang kalian unduh dan instal namun bukan dari Google Play Store, resikonya malah jauh lebih besar. Jadi kalian masih yakin mau asal instal aplikasi di hp Android?

3. Lupa Melakukan Backup Data Rutin

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, hp Android juga pastinya akan mengalami yang namanya kerusakan ataupun hanya permasalahan ringan meskipun kita tidak tahu kapan hal tersebut terjadi. Dan seringkali ketika mengalami error, ada saat dimana kita harus melakukan reset ulang untuk menyeselaikan permasalahannya namun kita harus siap untuk kehilangan seluruh data yang ada di dalam smartphone. Untuk menghindari kejadian seperti itu, sebaiknya lakukan backup rutin seperti chat whatsapp, foto dan video ke google photo atau menyimpannya di komputer/laptop.

4. Malas Mengunduh Pembaharuan Software

Hal yang satu ini merupakan yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan pengguna hp Android. Ketika ada aplikasi yang mendapatkan pembaharuan, seringkali malah diabaikan. Biasanya alasan yang paling sering digunakan oleh pengguna yang malah mengunduh update aplikasi di smartphone miliknya yaitu takut kuotanya habis.

Padahal perlu sobat ketahui, melakukan update software itu sangatlah penting untuk meningkatkan kinerja dari aplikasi itu sendiri agar dapat berjalan dengan sangat baik serta mengindari beberapa bug yang terjadi sebelum munculnya update tersebut. Justru dengan melakukan update kita dapat menggunakan fitur-fitur baru yang diberikan oleh pengembang aplikasi tersebut.

5. Lupa Mengunci Layar Atau Folder Penting di HP Android

Apabila di dalam hp Android yang kalian miliki terdapat banyak data-data penting seperti video, foto, akun pribadi, file kerja dan sebagainya yang bersifat privasi, sangat disarankan untuk memasang kunci atau pengamanan baik itu dnegan pola, ataupun PIN. Hal inilah yang terkadang seringkali diabaikan oleh orang yang baru menggunakan hp Android.

Apalagi jika hp Android yang kalian miliki sering diletakkan sembarangan atau bahkan dipinjam oleh kerabat ataupun teman. BUkannya ingin mengajarkan kalian untuk mencurigai orang terdekat, akan tetapi lebih menghimbau agar lebih waspada. KIta tidak pernah tahu jika sewaktu-waktu orang lain yang tidak sengaja membuka file-file penting di perangkat kalian melakukan kesalahan seperti tidak sengaja menghapus datanya. Tidak ingin sampai kejadian seperti itu kan?

Seperti yang kami sarankan sebelumnya, kalian dapat mengunci layar hp kalian menggunakan kunci pola ataupun PIN untuk dapat membukanya sehingga tidak sembarang orang dapat membukanya. Kalian juga dapat menggunakan bantuan aplikasi pengunci yang bisa kalian dapatkan di Google Play Store untuk mengamankan file atau aplikasi penting di hp Android kalian agar tidak dapat secara asal-asalan digunakan atau dibuka oleh orang lain.

Itulah tadi daftar pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna Android, terutama bagi yang baru menggunakan ponsel cerdas tersebut. Bagi sobat yang ingin smartphone miliknya tahan lebih lama dan tidak mudha rusak serta bermasalah, sangat kami sarankan untuk menghindari hal-hal terlarang yang kami cantumkan di atas ya sob.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!